Sistem pendingin komputer

Sistem pendingin komputer

Sistem pendingin komputer

Sistem pendingin komputer
Sistem pendingin komputer

Sistem pendingin pada komputer sangat berpengaruh pada stabilitas komputer itu sendiri lalu bagaimana supaya sistem pendingin atau sirkulasi udara dalam CPU agar berjalan optimal, sehingga mampu meningkatkan kinerja komputer.

Pendingin komputer ternyata sangatlah penting karena banyak hal yang akan terjadi bila komputer panas atau overheating yang dapat merusak komponen-komponen didalamnya. Ada beberapa hal dibawah ini yang dapat menyebabkan komputer overheating.

  1. Harus dibedakan antara komputer cepat panas dengan komputer terlalu panas. Ada perbedaan antara processor AMD dengan Intel. Processor terbaru Intel hanya membolehkan panas sampai 72oC sedangkan AMD bisa sampai 85oC jadi ada perbedaan signifikan apabila diraba dengan tangan. Tetapi jika masalah panas ini kemudian menyebabkan komputer jadi lambat atau mati sendiri barulah jadi masalah.
  2. Kebocoran dari Power Supply. Jika terjadi kebocoran pada Power Supply, tegangan listrik keluar menuju mainboard dan komponen lain akan naik. Naiknya tegangan listrik ini akan menyebabkan 2 kemungkinan yaitu seluruh komponen listrik CPU jadi panas, atau salah satu/beberapa komponen langsung rusak. Solusinya dianjurkan agar menggunakan Stabilizer untuk menjaga tegangan listrik agar tetap stabil.
  3. Komputer digunakan main game. Jika komputer digunakan main game, maka untuk menampilkan permainan yang sempurna, ada setidaknya 3 komponen yang bekerja berat secara langsung yaitu Processor, Memory Utama dan VGA. Pekerjaan berat yang dilakukan terutama oleh Processor akan menimbulkan panas yang lumayan tinggi dan bisa saja menyebabkan komputer langsung mati sendiri. Solusinya; tambahkan kipas pengisap pada bagian belakang CPU untuk mengisap udara panas dari dalam.
  4. Kipas pendingin rusak, kotor berdebu. Jika kecepatan kipas sudah menurun atau sangat berdebu maka suply udara pendingin juga akan menurun sehingga Processor menjadi overheating. Solusinya buka kipas pendingin, bersihkan dari debu lalu pastikan bahwa kipas tersebut masih berputar dengan normal. Kipas pendingin yang dicurigai sudah loyo sebaiknya diganti saja.
  5. Aluminium Heatsink (pendingin) Processor atau pada VGA berdebu/kotor. Jika kipas sudah tidak ada masalah, pastikan bahwa aluminium pendingin cukup bersih dari debu karena debu bisa menghambat proses pendinginan yang disuply oleh kipas. Solusinya; bersihkan heatsink ini dengan baik dan sebaiknya ini dilakukan setiap 6 bulan sekali.
  6. Kedudukan Aluminium Heatsink (pendingin) tidak tepat. Jika aluminium ini tidak menempel dengan tepat pada badan processor, maka processor akan overheat lalu kemudian komputer pasti mati sendiri. Solusinya; Jika anda bisa melakukannya (harap berhati-hati) buka kipas dan periksa apakah aluminium heatsink menempel dengan tepat pada Processor? Kalau perlu buka aluminium pendingin dan bersihkan pasta pada permukaan permukaan processor lalu oleskan kembali pasta yang baru(mengenai pasta untuk processor banyak dijual ditoko servise komputer).

Multiblower atau pendingin pada komputer terhadap daya hidupnya sangat berhubungan, karena bila tidak menggunakan pendingin komputer akan menjadi cepat panas yang biasa disebut dengan overheating yang mengakibatkan :

  1. Komputer tiba-tiba mati.
  2. Komputer tiba-tiba restart.
  3. Komputer stack.
  4. Komponen pada komputer akan terbakar dan tidak bisa terpakai lagi.

Bila terjadi seperti nomer 1, 2 dan 3 sebaiknya komputer dimatikan dan didiamkan terlebih dahulu agar komponen didalamnya sudah dingin.Hal tersebut terjadi karena tidak adanya atau tidak baiknya sirkulasi yang ada pada komputer.

Penyebab panas pada sistem pendingin

Jumlah panas yang dihasilkan oleh sirkuit terpadu (misalnya, CPU atau GPU ), penyebab utama panas membangun di komputer modern, adalah fungsi dari efisiensi desain, teknologi yang digunakan dalam konstruksi dan frekuensi dan tegangan di mana ia beroperasi.

Tips mendinginkan komputer

  • Hindari kontak langsung dari sinar matahari
  • Beri ruangan ekstra
  • Aktifkan alarm panas pada pengaturan BIOS
  • Bersihkan sisitem pendingin dari debu
  • Hindari penghambatan aliran udara pada casing
  • Memasang kipas tambahan

Multiblower pada Komputer/PC disebut juga sebagai pendinginan komputer atau pendinginan CPU yang merupakan suatu tindakan mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer. Panas pada komputer berpotensi merusak atau memperlambat kerja sebuah komputer. Terdapat beberapa cara untuk mengurangi panas pada sebuah komputer, diantaranya.

  1. Heatsink adalah logam dengan design khusus yang terbuat dari alumunium atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor. Perpindahan panas terjadi menggunakan aliran udara di dalam casing. jadi metode pendinginan ini tidak cukup efektif, karena sangat bergantung kepada aliran udara di dalam casing. jika aliran udaranya terganggu, maka bisa dipastikan prosesor akan kepananasan.
  1. Heatsink fan (HSF). Cara kerja dari HSF mirip seperti pada pendinginan menggunakan heatsink, tetapi pada HSF ditambahkan sebuah kipas untuk mempercepat proses transfer panas. HSF bekerja lebih baik daripada Heatsink. pada masa kini HSF menggunakan teknologi heatpipe yaitu pipa tembaga kecil untuk transfer panas dengan menggunakan konsep kapilaritas.
  1. Water cooling. Teknik pendinginan CPU menggunakan water cooling adalah dengan menggunakan cairan pendingin (biasanya berupa air)yang dialirkan menggunakan peralatan khusus untuk water cooling. peralatannya biasanya terdiri dari water block yang dipasangkan ke pengait prosesor dimotherboard, pompa air, dan radiator.
  2. Dry ice dan nitrogen cair. Prinsip pendinginan tipe ini sangat simpel. prosesor yang akan didinginkan ditempelkan langsung dengan dasar tabung tembaga(bonk) yang antinya bonk tsb akan diisi dengan Dry Ice atau Nitrogen Cair.

Sebelum pemasangan pendingin ini, seluruh komponen motherboard akan diolesi dengan pasta(grease) anti static untuk mencegah kondensaai(pengembunan) agar tidak terjadi korslet pada motherboard, disekeliling tabung juga diberi semacam bahan isolator panas untuk mencegah kondensasi

Pendinginan tipe ini biasanya digunakan untuk pendinginan ekstrim dimana untuk mengover-clock prosesor lebih lanjut diperlukan suhu minus yang ekstrim. Suhu pendingin Liquid Nitrogen bisa mencapai -190 derajat Celcius.

  1. Phase-change cooler. Pendinginan tipe ini serupa dengan pendinginan yang digunakan pada kulkas dimana pendinginan akan didorong dengan kompresor. Pendinginan ini cenderung lebih dingin dari pada TEC.
  1. TEC (Thermoelectric Cooler). Prinsip kerja pendingin ini adalah dengan mengalirkan arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga di satu sisi logam akan dingin dan di sisi logam yg lain akan panas. Gambaran prinsip kerjanya adalah sebagai berikut.pendinginan dengan sistem ini memungkinkan untuk mendinginkan hingga dibawah suhu ruangan. Dalam kasus tertentu suhunya dapat mencapai dibawah titik beku air.

Sumber : https://sam-worthington.net/

Posted on: October 28, 2019, by :