Pola Tata Kelola BLUD SMK

Pola Tata Kelola BLUD SMK

Pola Tata Kelola BLUD SMK

Pola Tata Kelola BLUD SMK
Pola Tata Kelola BLUD SMK

Sesuai dengan dorongan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

, Muhadjir Effendy tentang perubahan teaching factory SMK menjadi BLUD, Dinas Pendidikan Jawa Barat mulai mengindentifikai SMK di Jawa Barat yang sudah layak dijadikan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Kepala Bidang Pembinaa Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dodin Rusmin Nuryadin mengatakan, sudah banyak SMK di Jawa Barat yang layak dijadikan BLUD. Dengan dijadikan BLUD, sekolah dapat mengelola penghasilan lebih mandiri. Nantinya, SMK yang memiliki teaching factory unggulan akan dituntun bertahap untuk menjadi BLUD.

“Rencananya akan kumpul dan kita bicarakan dengan para MKKS

(Musyawarah Kerja Kepala Sekolah), akan kami indentifikasi yang siap. Setelah itu tinggal dirumuskan keputusan-keputusan,” ujar Kabid PSMK pada Senin, (7/1/2019).

Sesuai dengan Pedoman Penyusunan Pola Tata Kelola BLUD SMK yang diterbitkan PSMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia  (Kemdikbud), berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 61 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah, BLUD beroperasi sesuai dengan pola tata kelola atau peraturan internal yang memuat antara lain, struktur organisasi,prosedur kerja, pengelompokkan fungsi yang logis dan pengelolaan sumber daya manusia.

Pola Tata Kelola yang dikembang tersebut harus memenuhi prinsip-prinsip

tata kelola yang baik (good governance) agar dapat mengarahkan pengelolaan BLUD ke arah yang lebih profesional serta dapat mencapai arahan sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan. Dalam pengembangan pola tata kelola harus memperhatikan prinsip pengendalian internal yang baik, efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaan, serta transparan dalam pengelolaan operasional maupun keuangannya. Sehingga  Pola Tata Kelola ini menjadi suatu sistem kerja yang berjalan dalam pengelolaan BLUD.

 

Baca Juga :

Posted on: August 29, 2019, by :