Arti Penting Mempelajari Lingkungan Hidup

Arti Penting Mempelajari Lingkungan Hidup

Arti Penting Mempelajari Lingkungan Hidup

Arti Penting Mempelajari Lingkungan Hidup
Arti Penting Mempelajari Lingkungan Hidup

Pemahaman konsep melalui pengetahuan merupakan suatu modal untuk dapat menjadikan seseorang lebih dewasa dalam arti perubahan tingkah laku. Selanjutnya , perkembangan intelektual seseorang sejalan dengan kesiapan yang dimilikinya, sehingga pengetahuan sebuah konsep merupakan hal yang penting untuk perkembangn selanjutnya. Hal ini mengandung arti : jika seseorang diharapkan agar memiliki sikap dan prilaku yang diinginkan terhadap obyek maka terlebih dahulu harus memiliki pengetahuan dengan obyek tersebut. Hal ini juga berlaku dalam studi lingkungan hidup.

Campur tangan terhadap keberadaan lingkungan alam berawal dari faktor-faktor kepribadian manusia yang diekspresikan melalui prilaku. Prilaku lingkungan yang bertanggung jawab bisa terbina melalui kombinasi berbagai faktor yang melatar belakangi seperti ketrampilan bertindak, pengetahuan mengenai strategi bertindak , pengetahuan mengenai isu lingkungan dan factor-faktor pribadi yang terdiri atas sikap, kontrol dan tanggung jawab pribadi.

Manusia sebagai makhluk yang memiliki kemampuan untuk menyebar dan mengatur permukaan bumi sesuai dengan keinginannya cenderung untuk mendominasi bumi baik dilihat dari sudut tata ruang fungsional maupun structural. Kerusakan alam yang terjadi pada dasarnya lebih dititikberatkan pada kemampuan manusia untuk melihat dengan jangkauan jauh melampaui batas kepentingan sendiri di samping kemampuan dalam melihat kenyataan yang  sebenarnya dalam kehidupan (Soerjani,1992:1). Kerusakan lingkungan merupakan manifestasi pengembangan dari permasalahan social dan lingkungan yang saling terkait.

Sumber : https://jalantikus.app/

Posted on: August 28, 2019, by :