Software Open Source

Software Open Source

Software Open Source

Software Open Source
Software Open Source

Open Source adalah

sebuah sistem baru dalam mendistribusikan software kepada pengguna dengan memberikan program dan source code nya secara gratis! Bahkan pengguna dapat mempelajari dan melakukan modifikasi untuk membuat software tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

Richard M. Stallman,pendiri Free Software Foundation

sebuah organisasi yang mendukung Open Source, mengeluarkan sebuah lisensi software untuk Open Source yang dinamakan GPL (GNU Public License). Lisensi inilah yang saat ini paling banyak digunakan untuk mendistribusikan software Open Source. Selain GPL, masih banyak lisensi software lainnya yang dikembangkan oleh komunitas Open Source.

Kemudian pengguna dibebaskan untuk menggunakan Open source itu dengan sebebas-bebasnya

dari penggunaan hingga modifikasi untuk membuat software lain yang berbayar atau di opensource kan kembali sesuai dengan keinginan pengguna. biasanya software open source dikembangkan oleh komunitas atau institusi non profit yang kebanyakan memiliki kemampuan yang sangat baik karena software yang dibuat dikembangkan secara bersama-sama sehingga masalah atau bug pada software cepat teratasi dan feedback dari penggunapun lebih cepat direspon.

 

Berikut ini adalah beberapa alasan orang membuat software open source :

Kebutuhan. Software-software open source biasanya dikembangkan karena kebutuhan si pembuatnya. Dalam papernya yang berjudul “The Cathedral and the Bazaar” [Eri00], Eric S. Raymond, menjelaskan secara rinci bagaimana ia mengembangkan software fetchmail, yang disebabkan oleh tiadanya software yang sesuai dengan kebutuhannya. Pengembangan fetchmail juga dimaksudkan untuk menguji beberapa buah teori dalam rekayasa perangkat lunak yang didasarkan pada pengamatannya terhadap Linux.

 

Sumber : http://sauskecap.com/tips-sederhana-mendidik-anak-untuk-disiplin/

Posted on: June 21, 2019, by :