Pengertian, Fungsi, Langkah dan Cara Membuat Sinopsis Novel

Pengertian, Fungsi, Langkah dan Cara Membuat Sinopsis Novel

Pengertian, Fungsi, Langkah dan Cara Membuat Sinopsis Novel

Pengertian, Fungsi, Langkah dan Cara Membuat Sinopsis Novel
Pengertian, Fungsi, Langkah dan Cara Membuat Sinopsis Novel

Pengertian Novel

 Novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang disekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.

 

Pengertian Sinopsis Novel

Sinopsis novel adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan cerita novel adalah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. membuat sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang penjang dalam bentuk yang singkat. Dalam sinopsis, bpupki keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pengarangnya. Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau seper sepuluh dari panjang karangan asli.

Fungsi Sinopsis Novel

  • Memberikan gambaran singkat isi novel
  • Membuat gambaran jelas secara singkat tentang alur cerita novel.
  • Memberikan pengetahuan awal sebelum membaca novel asli.

Selain mengetahui unsur-unsur diatas, dalam membuat sinopsis terlebih dahulu kita juga harus mengenali novel tersebut secara fisik.

Cara Membuat Sinopsis Novel Remaja Indonesia dan Terjemahan

Sinopsis merupakan ringkasan dari suatu bacaan atau teks cerita yang mewakili dari kandungan isi bacaan atau teks cerita. Membuat sinopsis novel remaja Indonesia berarti membuat ringkasan dari sebuah novel remaja, yang di dalam ringkasan tersebut terkandung isi novel.

Dalam proses membuat sinopsis novel, sangat diperlukan upaya pemahaman terhadap unsur-unsur intrinsik novel tersebut. Dalam hal ini terutama berkaitan dengan tema, amanat, alur, setting atau latar, dan penokohan.

Hal ini dikarenakan unsur-unsur tersebut akan saling terkait dalam sebuah rangkaian cerita. Maka itu sebelum membuat sebuah sinopsis novel, kita perlu membaca novel tersebut sampai benar-benar memahaminya.

Dalam menyusun sinopsis, gagasan asli pengarang harus diperhatikan. Begitu pula urutan ceritanya. Kita tidak boleh memasukkan cerita baru dalam sinopsis tersebut. Penggunaan bahasa yang efektif dalam sinopsis akan sangat membantu dalam memaknai isi dan maksud cerita.

Langkah Membuat Sinopsis Novel

Sinopsis Novel, merupakan ringkasan atau ikhtisar dari sebuah novel. Untuk membuat sinopsis novel, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan, yaitu:

  1. Membaca novel secara utuh dan menyeluruh.
  2. Mencari gagasan/pokok-pokok penting dari novel yang dibaca.
  3. Pahami unsur intrinsik maupun ekstrinsik dari novel tersebut.
  4. Mengembangkan gagasan pokok yang telah kita temukan secara singkat dengan bahasa menarik, serta menggambarkan novel aslinya.
  5. Mengubah semua petikan langsung menjadi tidak langsung.

Membuat Sinopsis Novel Remaja Terjemahan

Novel terjemahan merupakan novel yang dialih bahasakan dari satu bahasa tertentu ke bahasa yang lain. Novel daerah jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia juga menjadi novel terjemahan. Novel terjemahan yang berasal dari luar negeri misalnya Harry Potter.

Kalian tentu mengalami kesulitan ketika membaca novel terjemahan dibanding membaca novel asli indonesia. Hal ini bisa dipahami mengingat latar belakang budaya yang berbeda. Bermanfaatkah membaca novel terjemahan? Tentu saja bermanfaat, karena dengan membaca novel terjemahan tersebut, wawasan dan pengetahuan tentang budaya negara itu menjadi bertambah.

Dalam membuat sinopsis ada beberapa hal yang tidak boleh dilupakan juga, misalnya intrinsik seperti berikut.

  • Tema: gagasan pokok, pokok cerita
  • Latar: tempat dan waktu terjadinya peristiwa
  • Alur: jalinan peristiwa/jalan cerita
  • Penokohan: pelaku cerita
Posted on: February 20, 2019, by :