MENJAGA KESEHATAN MATA, SANG JENDELA JIWA

MENJAGA KESEHATAN MATA, SANG JENDELA JIWA

MENJAGA KESEHATAN MATA, SANG JENDELA JIWA

MENJAGA KESEHATAN MATA, SANG JENDELA JIWA
MENJAGA KESEHATAN MATA, SANG JENDELA JIWA

Sepasang mata adalah karunia Tuhan yang luar biasa bagi manusia. Dengan kedua jendela tersebut, beragam warna-warni kehidupan dapat disaksikan secara nyata. Oleh karena itu, jangan biarkan fungsi mata indah anda menjadi berkurang karena perlakuan yang kurang tepat.
Beberapa tips berikut ini mungkin dapat menjadi acuan untuk merawat mata agar mampu menemani anda menjelajahi dunia.

 

Konsumsi makanan bergizi dan bernutrisi bagi mata

Beberapa zat diantaranya adalah lutein dan Vitamin A yang banyak terkandung dalam makanan seperti wortel, brikoli, alpukat, bayam, tomat, dan lainnya. Selain meningkatkan kualitas penglihatan, bahan makanan tersebut dapat mencegah katarak dan glaucoma.

Latihan sederhana

Seperti tubuh, mata juga memerlukan latihan kecil agar tetap bugar. Senam mata dapat merangsang saraf otot di dalamnya agar tidak tegang setelah anda terpaku sekian lama melihat di depan computer atau membaca buku. Cukup berkedip beberapa kali untuk melumasi mata. Lalu, tutup mata sekitar lima menit agar lebih rileks. Istirahatkan mata dengan melihat sesuatu yang berwarna segar, misalnya melihat tanaman yang hijau juga akan membantu.

Lindungi mata

Saat beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya anda mengenakkan kacamata (sunglasses) untuk mencegah masuknya kotoran, sinar Ultraviolet A (UVA) dan sinar Ultraviolet B (UVB). Menurut penelitian dari Masachusetts University di Amerika Serikat yang dimuat di situs hubpages, sinar UV tersebut dapat mengurangi dan merusak fungsi mata. Biasakan mencucui tangan sebelum menyentuh mata dan jangan sering menggosok-gosok mata karena dapat menyebabkan iritasi. Lenyapkan kebiasaan membaca dengan jarak terlalu dekat atau pencahayaan kurang baik karena berakibat fatal pada kinerja mata.

 

Rawat dengan tepat

Jangan sepelekan perawatan mata pada malam hari. Gunakan produk pelembab mata dan hapus semua sisa make-up pada mata sebelum tidur. Ritual singkat tersebut memiliki efek yang besar pada keindahan mata.

Periksa secara teratur

Periksakan mata terutama bagi anda yang menggunakan kacamata atau lensa kontak secara rutin. Memakai kacamata contohnya untuk penderita rabun jauh (myopi) jangan dianggap menyelesaikan masalah. Gunakan kacamata hanya untuk membantu rehabilitasi mata. Maka, jalan terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis mata secara rutin, paling tidak setahun sekali dalam kondisi normal, dan pada periode waktu tertentu apabila mata mengalami gangguan kesehatan. Nah, inilah saatnya mata anda yang “berbicara”.

Baca Juga : 

Posted on: February 19, 2019, by :