Anatomi Akar Adalah

Anatomi Akar Adalah

Anatomi Akar Adalah

Anatomi Akar Adalah
Anatomi Akar Adalah

Macam Akar

Keberagaman bentuk dan struktur akar sering terkait dengan fungsinya. Karena itu, dikenal akar penyimpanan, kar sukulen, akar udara, pneumatofor (akar udara pada mangrove), akar panjat, akr pembelit, akar tunjang, dan akr yang hidup bersimbiosis dengan jamur (mikroriza). Kondisi lingkungan sering mempengaruhi system akar. Di tanah kering, tumbuhan biasanya memiliki sistem akar yang berkembang dengan baik. Banyak tumbuhan yang tumbuh di tanah berpasir menghasilkan akar lateral yang hirozontal dan tidak dalam, menyebar dekat dibawah permukaan tanah hingga berpuluh meter panjangnya, misalnya padaTamarix.

Susunan Jaringan Primer dalam Akar

Susunan internal akan juga beragam namun lebih sederhana dan dari segi filogeni lebih primitive dibandingkan dengan batang. Tidak adanya daun mengakibatkan struktur yang seragam di sepanjang akar. Pada ujung akar tampak tudung akar. Penamppang melintang melalui akar primer (yang belum mengalami penebalan sekunder) akan menunjukan dari luar ke dalam ; epidermis, korteks, silinder pusat.

Tudung Akar

Tudung akar terdapat di ujung akar dan melindungi promeristem akar serta membantu penembusan tanah oleh akar. Tudung akar terdiri atas sel hidup yang membantu menembus tanah oleh akar. Tudung akar terdiri atas sel hidup yang sering mengandung pati. Sel kadang-kadang tersusun dalam deretan radial yang sering berasal dari pemula tudung akar.

Tudung Akar Dianggap

mengendalikan pertumbuhan deotropi akar. Telah diketahui bahwa pemotongan ujung akar mencegah responnya terhadap gaya berat. Pada sel bagian bawah tudung akar memang sering tampak butir papyi. Diperkirakan bahwa platida berisi pati yang disebut dengan statolit itu meneruskan rangsangan gaya berat kepada plasmalema s,el tersebut.

Tudung akar berkembang terus menerus. Sel paling mati, terpisah dari yang lain dan hancur, lalu digantikan oleh sel baru yang dibentuk oleh pemula. Tudung akar nampaknya terdapat secara umum, kecuali pada beberapa parasit dan mikroriza. Pada tanaman air tudung akar segera berdegenerasi.

Sumber : https://dosen.co.id/

Posted on: January 16, 2019, by :