Mengenal Gen, DNA, dan Kromosom

Mengenal Gen, DNA, dan Kromosom

kamu sudah dulu mendengar tentang Gen, DNA, dan Kromosom kan? Biasanya terkecuali anda sering lihat film yang latar belakangnya mengangkat isu-isu kedokteran atau kesehatan, anda pasti sering dengar yang layaknya ini. Tapi sebenarnya, apa sih gen itu?

gen merupakan substansi pembawa materi genetik yang diwariskan berasal dari induk kepada keturunanya. Materi genetik berikut meliputi Deoxyribonucleic acid (DNA) dan ribonucleic acid (RNA). DNA dan RNA ini jumlahnya ada banyak banget, lho! bermacam tipe DNA berhimpun untuk membentuk gen, lantas gen-gen berikut berhimpun untuk membentuk kromosom. Kamu memahami nggak faedah gen itu apa? Jadi gini, faedah gen itu ada 2. Fungsi yang pertama adalah mempunyai informasi genetik berasal dari tiap-tiap individu ke keturunannya. Jadi informasi genetiknya itu disalurkan ke keturunan tiap-tiap individu gitu, lho. Contohnya apa? Contohnya adalah rambut ibumu yang berwarna hitam, diwariskan ke kamu. Fungsi yang kedua adalah sebagai pengatur metabolisme untuk pertumbuhan tiap-tiap mahkluk hidup. Oh iya, di DNA dan RNA itu ada basa nitrogennya. Mau tau gambarnya?

Gen itu ada pada segmen atau lokus yang terdapat di kromosom. Gen itu ada yang dominan dan resesif, lho! Gen dominan itu disandikan bersama huruf besar, sedangkan gen resesif itu disandikan bersama huruf kecil. Oh iya, anda nggak boleh lupa juga nih. Kumpulan gen yang terdapat pada lokus yang bersesuaian bersama faedah yang serupa itu disebut bersama alel.

Setelah sebelumnya mengenal tentang gen dan DNA, saat ini kami kenalan lebih lanjut bersama yang namanya kromosom, yuk! Coba hayo, kromosom itu apa? Kromosom adalah penebalan benang-benang kromatin saat pemisahan sel terjadi. Kromosom disusun oleh asam nukleat dan protein. Kromosom ini ada 2 jenis, namanya autosom dan gonosom. Autosom merupakan kromosom yang berperan di dalam menentukan wujud fisik tidak cuman kelamin, sedangkan gonosom merupakan kromosom yang berperan di dalam menentukan tipe kelamin.

Oh iya, kromosom itu mempunyai beberapa anggota yang berbeda. Bagian yang pertama itu namanya kromatid. Kromatid merupakan keliru satu berasal dari dua lengan yang merupakan hasil replikasi kromosom. Bagian yang kedua namanya Sentromer. Sentromer ini adalah pusat kromosom dan area melekatnya benang spindle. Bagian yang terakhir ini namanya kinetokor. Kinetokor sesungguhnya adalah anggota berasal dari sentromer. Benang spindle ini melekat pada kinetokor sepanjang masa pembelahan. Kamu memahami nggak, benang spindle itu apa? Benang spindle ini anggota yang berguna untuk menghubungkan sentriol pada kala pemisahan sel dan untuk menarik kromosom menuju kutub yang berlawanan pada kala pemisahan sel.

Kamu tau nggak sih, kromosom itu bentuknya ada banyak, lho! Ada 4 wujud kromosom, yakni telosentrik, metasentrik, submetasentrik, dan akrosentrik. Telosentrik hanya mempunyai 1 lengan bersama sentromer yang terdapat di ujung. Sedangkan metasentrik mempunyai 2 lengan serupa panjang bersama sentromer yang terdapat di tengah. Sentromernya metasentrik ini berupa V, ya!

Lalu terkecuali submetasentrik itu layaknya apa, ya? Submetasentrik mempunyai kedua lengan yang hampir serupa panjang, bersama sentromer yang terdapat hampir di tengah. Bentuknya juga V gitu. Sedangkan akrosentrik mempunyai 2 lengan yang tidak serupa panjang, bersama sentromer yang berada dekat ujung anggota kromosomnya.

Selengkapnya : biologi.co.id

Posted on: December 21, 2018, by :