Tips Mendidik Anak Jadi Pintar Menurut Islam

Cara mendidik anak adalah salah satu hal yang paling sering sekali dipertanyakan oleh para orangtua paa ahli psikolog pada saat berkonsultasi masalah tumbuh kembang sih anak. Cara mendidik anak seperti apa sih yang bisa menjadikan sih anak pintar, baik dari segi dunia atau pun akhirat? Salah satu alasan mengapa orangtua memiliki peranan yang cukup penting sekali di dalam mendidik anak supaya jadi anak pintar adalah dikarenakan hal tersebut adalah kewajiban bagi setiap orangtua pada anak-anaknya.

Tips Mendidik Anak Jadi Pintar Menurut Islam
Tips Mendidik Anak Jadi Pintar Menurut Islam

Menurut Islam sendiri, cara mendidik anak bisa dimulai dengan mendidiknya dari rumah, yang dimulai dari pembentukan sikap akhlak, dan mental yang baik. Cara mendidik anak dalam Islan ini jelas mengajarkannya atau pun mendidiknya bisa dilihat pada saat Rasulullah mendidik istri, anak, dan juga keluarganya. Sangat jelas sekali betapa orangtua memiliki peranan yang penting sekali di dalam mendidik anaknya tersebut. Nah, untuk bisa menjadi orangtua yang perduli dengan cara mendidik anak, di bawah ini akan kami sajikan beberapa tips atau cara mendidik anak agar jadi pintar menurut Islam.

Tips mendidik anak jadi pintar menurut Islam

Tunjukkan kebahagiaan dengan tertawa

Apa Anda sudah pernah melakukan hal yang satu ini? Anggap pada saat ini diri Anda ditantang untuk selalu tersenyum bersama dengan keluarga. Anda akan saksikan keajaiban dari kegembiraan dan juga kasih sayang yang telah Anda bawa pada orang-orang di sekitar Anda. Buat momen sehari-hari jadi luar biasa berkat kegembiraan dan juga semangat yang telah Anda bawa ke dalamnya.

Mendidik kedisiplinan sejak dini

Salah satu sukses dalam mendidik anak adalah dengan menegakkan kedisiplinan dalam keseharian anak. Ajarkan saja anak Anda turut bertanggung jawab atas semua tugas rutin di dalam rumah tangga. Anak yang secara aktif turut dilibatkan ke dalam tugas rutin dalam berumah tangga ini di saat dewasa nanti akan mempunyai rasa tanggung jawab lebih besar. Silakan Anda perbaiki kesalahannya dengan cara yang lembut dan kasih sayang tapi Anda harus terus menerus konsisten. Beri konsekuensi yang wajar dari kesalahan atau pelanggaran dengan tujuan untuk ajarkan anak tanggung jawab. Jangan pernah marah, atau mempermalukan anak di depan orang lain karena kesalahannya.

Beri penghargaan terbaik

Coba latih diri Anda sendiri supaya selalu memberi penghargaan pada setiap keberhasilan, bahkan yang terkecil sekalipun yang sudah Anda lakukan di hari ini. Ajarkan diri Anda untuk bisa memberi penghargaan yang tulus atas tugas sederhaan yang telah anak Anda kerjakan. Penghargaan ini nantinya akan memberi semangat pada anak untuk jalankan tugas yang lebih besar lagi.

Demikian tips mendidik anak jadi pintar menurut Islam yang bisa kami informasikan. Semoga saja bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com

Posted on: September 11, 2018, by :